30 November 2009

IHSG @ 30112009

 

 

Saya mohon maaf karena sempat tidak posting selama seminggu lebih. Hal ini dikarenakan komputer saya rusak dan harus saya install ulang, sehingga banyak data – data yang hilang.

 

IHSG pada pergerakan 30112009 mulai terlihat kondisi penguatan, sekalipun grup B7 melemah cukup signifikan karena berita – berita Corporate Action yang cukup kontrovesial, yang memang menjadi ciri khas saham ini.

 

Saya membuat Lower Trading Line yang ditunjukkan garis putus – putus berwarna merah (semacam Support) di level 2371 dan ternyata level tersebut tepat menjadi Lowest di hari ini. Level tersebut kembali saya gunakan untuk membuat level Support berwarna Biru.

 

IHSG membentuk pola yang mirip dengan Piercing Line, namun gagal karena ternyata Highest – nya tidak mampu menembus titik tengah Candlestick sebelumnya. Namun paling tidak, pola Candlestick hari ini cukup member sinyal Rebound, walau tidak cukup valid.

 

IHSG memiliki peluang menuju level 2400 sampai 2490. Apabila berhasil menembus level 2490, IHSG dalam kondisi cukup baik. Namun apabila ternyata tidak kuat dan kembali menembus level 2370, saya khawatir IHSG sudah berada di Peak – nya dan berpotensi menurun.

 

Kekhawatiran saya ini mungkin sedikit terbantahkan mengingat sekarang sudah memasuki akhir tahun dan pada Januari 2010 nanti, semoga pasar kembali tertolong dengan fenomena January Effect, dimana saham – saham Blue Chips dan saham – saham bervaluasi baik dapat naik karena Fund Manager melakukan pengaturan Portofolio untuk Reksadana.

 

Semoga saja besok, 01122009 adalah awal Rebound.